Kamis, 06 Februari 2014

story of Cuisine Worldwide

Dalam mata kuliah Advance Food dan Beverage Innovation yang dilaksanakan hari ini, kelompok pertama memulai presentasi tentang materi yang telah dipersiapkan. Kelompok yang beranggotakan 5 orang ini akan memberikan informasi dan materi dengan tema Cuisine Worldwide. Materi yang diberikan oleh mereka bertujuan untuk lebih mengenal tentang berbagai jenis dan keunikan masakan di berbagai negara.

Dimana teman - teman yang melakukan presentasi telah memberikan info tentang beragam bahan yang digunakan tiap negara, salah satunya adalah Eropa. Penduduknya menggunakan gandum, lemak, dan daging sebagai bahan untuk makanan mereka. Di Amerika penduduknya menggunakan daging sebagai bahan makanan sehari - hari.

Selain memberikan informasi tentang bahan pangan yang banyak digunakan, juga dijelaskan makanan khas dan populer yang ada disana, seperti di Amerika terdapat hot dog, smoked beef sandwich, ribs, pancakes, jerk chicken, asado, feijoda dan lainnya.

Jerk Chicken
Photo by : https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTYHY033Ycnf9wXfl8C5RQ5JNeEi2xmUldE3_w0XzU5O0sUFhbeRA

Pancakes
Photo by : https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTUq3KoQ2S6Oye8LD-iQW3CYOG7QQEDT_3SCVtCnL5qKnemkP1XYg
Amerika memiliki festival tentang buffalo wings dirayakan pada tanggal 29 juli, di festival tersebut penduduk akan berlomba makan buffalo wings sebanyak banyaknya.
logo dari buffalo wing festival di New York

selain itu terdapat Asado yang merupakan makanan dengan cara penyajian yang unik dimana pelanggan yang datang bisa memilih langsung daging yang dikehendaki dan akan dihidangkan ke piring pelanggan. Sedangkan untuk side dish, pelanggan dapat mengambil sebanyak yang ia inginkan.
sedangkan di Afrika makanannya berupa tumbuhan, karena hewan cukup sulit untuk didapat.
Dan yang berkesan tentang Asia untuk saya adalah cara makan di Jepang yang tidak memiliki urutan di makanannya (appetizer, main course dan dessert) dan disajikan langsung. Selain dari cara makannya orang Jepang juga memiliki kebiasaan untuk mengucapkan salam sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu dan salam yang digunakan ketika sebelum dan sesudah makan adalah "itadakimasu" dan "gochisosama deshita".

contoh makanan jepang
Photo by : https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSsqsOTFITsCUReUXu2yhqxdRsmofibGpjxbRIdYahQDQKideuc
Sehingga dari materi yang diberikan saya cukup mengerti apa yang dijelaskan, namun ada beberapa hal yang penting tidak tersampaikan dengan baik karena waktu yang tidak cukup serta pelafalan yang terlalu cepat.
Selain itu dengan materi yang dijelaskan saya menjadi lebih mengerti tentang jenis makanan yang ada di berbagai benua dan berbagai bahan yang digunakan untuk makanan khas mereka. Termasuk juga keunikan yang ada di berbagai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar